Inilah Produk Yang Paling Laris di E-commerce Pada Tahun 2023

Kementerian Perindustrian menyatakan bahwa pengguna e-commerce mencapai 196 juta pada tahun 2023 dan diprediksi terus meningkat di tahun 2024 ini.

Bank Indonesia (BI) juga memproyeksikan nilai transaksi e-commerce Indonesia hingga akhir tahun 2023 mencapai Rp572 triliun.

Jumlah penjual dan transaksi di berbagai wilayah di Indonesia mengalami kenaikan tertinggi, meliputi daerah Sampang (Jawa Timur), Barito Kuala (Kalimantan Selatan) dan Tanggamus (Lampung), dengan rata-rata peningkatan hampir sebesar 1,5 kali lipat.

“Sepanjang tahun 2023 (data Januari-September 2023 dibandingkan Januari-September 2022), kami mencatat ada sejumlah kategori produk yang paling laris dibeli masyarakat lewat Tokopedia, yaitu Rumah Tangga dan Groceries, yang mencakup Makanan dan Minuman, Kecantikan dan Perawatan Tubuh,” ungkap Head of Communications Tokopedia, Aditia Grasio Nelwan dikutip dari keterangan resmi, Kamis (28/12/2023).

Berikut ini daftar 5 produk paling laris di e-commerce sepanjang tahun 2023.

1. Kecantikan dan Perawatan Tubuh

Produk kecantikan dan perawatan mengalami kenaikan penjualan sebesar 2,5 kali lipat sepanjang tahun 2023. Beberapa produk ini mengalami peningkatan tertinggi selama transaksi di e-commerce diantaranya parfum dan cologne, essential oil dan minyak pijat.

2. Rumah Tangga

Pada produk rumah tangga seperti alat kebersihan, pengharum ruangan, dan perlengkapan pesta mengalami peningkatan transaksi yang tinggi hingga mencapai 2,5 kali lipat sepanjang tahun 2023.

3. Makanan dan Minuman

Makanan dan minuman seperti air mineral, beras, dan seafood juga menjadi salah satu produk terlaris dan mengalami kenaikan tertinggi sebesar 3 kali lipat selama transaksi di e-commerce.

4. Hampers

Selain itu, produk hampers juga mengalami peningkatan transaksi sebesar lebih dari 9 kali lipat. Hal ini dibuktikan dengan tingginya minat masyarakat untuk saling berbagi dan mengirim hadiah kepada keluarga, teman maupun kekasih dalam bentuk hampers yang pastinya terjangkau dan mudah didapatkan.

5. Produk Digital

Di samping itu, produk digital seperti pajak daerah, E-invoicing, internet dan TV juga mengalami peningkatan signifikan dengan rata-rata kenaikan penjualan lebih dari 7 kali lipat.

Tren ini mencerminkan adaptasi masyarakat terhadap kemudahan dan kepraktisan belanja online, serta meningkatnya permintaan terhadap produk digital.


Sumber : Okezone