Pria Ini Resign Untuk Menekuni Bisnis Jualan Kopi Dan Hasilnya Tidak Disangka !

Bisnis kedai kopi kekinian saat ini sangat marak di Indonesia. Hal ini mengikuti perkembangan semua kalangan masyarakat Indonesia yang senang menghabiskan waktu untuk berkumpul dan berbincang di suatu tempat sambil menikmati secangkir kopi.

Di mana menggeliatnya coffee shop membuat persaingan bisnis semakin ketat. Diantara banyaknya coffee shop, salah satunya yakni Second Floor.

Coffee shop ini menawarkan keunikan menikmati kopi yang berbeda dari kedai kopi manapun di Indonesia bahkan di luar negeri. Coffe shop ini hadir pertama kali di Sanur, Bali pada Maret 2018.

Pendiri Second Floor Adi Suhendra mengungkapkan inovasinya bermula pada saat tergelitik untuk mencoba meracik kopi Indonesia dengan berbagai buah - buahan dan tumbuhan tropis yang ada di Indonesia.

Saat itu lanjut dia, dirinya masih berstatus karyawan swasta di sebuah perusahaan penyedia telekomunikasi. 

"Selama lima tahun saya menghabiskan waktunya untuk melakukan riset dan pengembangan produk hingga hasilnya membuahkan varian Signature Coffee dan cold brew. Dan pada akhirnya memutuskan untuk keluar dari perusahaan tersebut," ujarnya di Bali.

Bahkan, Second Floor telah menarik hati para pekerja Jakarta yang ber Working From Bali pada masa pandemi dan meminta mereka ekspansi ke Jakarta, pada akhirnya ekspansi itu terwujud. 

Hadir pertama kali di Bumi Serpong Damai Tangerang Selatan di Desember tahun 2022, lalu merambah ke Jakarta di Menteng Jalan Cikajang, menyusul di Dharmawangsa pada 27 November 2023 dan segera di Bintaro, Tangerang Selatan. 

Tidak main-main, ekspansi terjadi tidak hanya di Jakarta, Bali pun diperluas menambah flagship outlet dengan kemitraan bersama Pahdi di Kintamani. 

Dalam kurun waktu satu tahun sejak 2022, Second Floor telah ekspansi di Jakarta dan Bali hingga berkembang menjadi 6 outlet.

Sementara itu, Co-Founder Second Floor Mohammad Badarudin mengatakan bahwa  perluasan outlet dan meningkatnya kunjungan tamu, bukan semata karena cafe-nya yang unik atau fotogenik seperti cafe pada umumnya. 

"Tapi kopi kami sendiri yang berbicara dan meninggalkan kesan yang mendalam bagi mereka yang pernah meneguk kopi kami".

Rahasianya ada diracikan kopi kami yang tidak pernah ditemui di kedai kopi manapun baik di Indonesia maupun luar negeri," tutupnya.


Sumber : Okezone