Deretan 4 media sosial yang termasuk social commerce selain TikTok. Sebagai informasi, social commerce adalah praktik memanfaatkan media sosial untuk memfasilitasi proses jual-beli produk atau layanan.
Nantinya, penjual
dapat langsung menjual produk melalui platform media sosial. Mereka juga dapat
mempromosikan produk dan berinteraksi dengan calon pembeli.
Berikut 4 media sosial yang termasuk social commerce selain Tiktok dilansir dari berbagai sumber:
1. Facebook
Facebook merupakan media sosial yang hampir
digunakan banyak kalangan. Saat ini jumlah pengguna Facebook di Indonesia telah
mencapai 140 juta pada 2020. Adapun di dunia pengguna Facebook sudah mencapai
3,3 miliar.
Media sosial ini
juga menyediakan fitur marketplace. Kamu bisa punya halaman bisnis khusus untuk
bisnis yang kamu jalankan.
2. Instagram
Akun media sosial ini memang menjadi salah satu
wadah untuk bisa menjual produk atau mempromosikan bisnis Anda.
Sebagai media sosial
yang memberikan fasilitas fitur berjualan, Anda juga bisa memanfaatkan dengan
membuat akun khusus yang diperuntukkan untuk menjalankan bisnis, yaitu
Instagram Bisnis.
3. Youtube
Untuk berjualan di YouTube, kamu bisa membuat video penawaran produk. Nantinya
video ini akan dipakai untuk mereview produk kamu. Plus juga untuk menawarkan
produk kamu.
Lalu setelah video penawaran kamu jadi, unggahlah
video tersebut ke YouTube. Dalam mengupload video, jangan lupa untuk
mencantumkan kata-kata kunci (keyword) yang berkaitan dengan produk kamu. Kamu
bisa pakai kata kunci produk agar video bisa muncul di halaman pencarian ketika
orang mengetik kata-kata kunci tersebut.
4. Twitter
Twitter merupakan salah satu media sosial paling
populer di Indonesia. Hal ini menjadi peluang bagi para pebisnis untuk
memanfaatkan Twitter sebagai salah satu media pemasaran produk Anda.
Sumber : Okezone