Mengenal Ayam Cemani dan Cara Budidayanya

Budidaya ayam cemani super merupakan salah satu jenis usaha peternakan yang dapat menghasilkan keuntungan besar. Karena apabila dijual harga jualnya bisa sangat mahal, bahkan menembus puluhan juta untuk indukannya.

Ayam cemani sendiri banyak dikenal masyarakat Indonesia sebagai hewan mistis dan sering dikaitkan dengan hal-hal gaib. Oleh sebab itu, banyak orang menggunakannya sebagai bahan obat, terutama untuk hal-hal berbau mistis atau gaib.

Kali ini, kami berkesempatan mengunjungi Pak Sismudi di Kecamatan Kedu, Kabupaten Temanggung, untuk melihat peternakan ayam cemani trah hitam yang menampung sedikitnya 100 ekor.

Mengenal Ayam Cemani Super Trah Lidah Hitam

Menurut Pak Sismudi, ayam cemani memiliki banyak jenis dan yang terbaik adalah jenis super trah lidah hitam. Jenis ini memiliki warna hitam sangat dominan, bukan hanya bulu, tapi lidah, kulit, daging, bahkan tulangnya juga memilihi warna hitam.

Untuk budidaya ayam cemani super ini Pak Sismudi telah melakukannya selama 5 tahun dan telah melakukan beberapa percobaan dalam mengawinkan indukan jantan dengan betina.

Hasilnya, tidak selalu bisa mengeluarkan warna hitam sepenuhnya, bahkan terkadang muncul warna merah dan cokelat pada bulu. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu akan berubah menjadi hitam.

Untuk indukan hitam yang digunakan Pak Sismudi saat ini sangat jarang menghasilkan anakan tidak berwarna seperti indukannya. Sebab memang merupakan indukan terbaik, baik betina maupun jantannya berasal dari trah lidah hitam.

Jenis super trah lidah hitam ini memiliki warna konsisten untuk lidahnya, apabila jenis lain warnanya hanya bertahan sekitar 6 bulan lalu mulai berubah ke merah muda, maka trah lidah hitam warnanya tidak berubah bahkan sampai 6 tahun.

Karena warnanya tidak memudar, membuat hewan ternak satu ini harganya cukup mahal. Mulai dari jutaan hingga puluhan juta. Oleh sebab itu, budidaya ayam cemani super ini sangat menguntungkan, apalagi konsumennya bisa dating dari berbagai daerah di Indonesia.

Ayam cemani sendiri mulanya tidak berwarna hitam, sejarah yang beredar di masyarakat Temanggung bahwa dulunya milik Ki Ageng pergi ke Gunung Kahuripan mencari makan dan saat pulang membawa anak dengan warna hitam seluruh tubuhnya.

Kemudian ada pejabat yang hendak membelinya untuk dijadikan obat. Lalu sampai sekarang Temanggung dikenal sebagai penghasil ayam cemani yang dapat dijadikan sebagai obat tradisional.

Budidaya Ayam Cemani Super Trah Lidah Hitam

Menurut Pak Sismudi, pemeliharaan ayam cemani ini cukup mudah, hanya saja memang harus lebih teliti. Untuk memiliki kualitas terbaik harus dimulai dengan indukan terbaik juga. Jadi, pastikan untuk mencari indukan kualitas super.

Anda dapat membudidayakan melalui telur eram, anakan, atau membeli sepasang indukan. Untuk indukan dengan kualitas terbaik harganya bisa mencapai Rp6 juta per pasang, bahkan ada yang dihargai sampai Rp50 juta.

Selain mencari indukan yang bagus, budidaya ayam cemani super tidak memerlukan perawatan rumit, bahkan sama saja seperti memelihara jenis lain pada umumnya.

Namun, sebaiknya pemeliharaannya menggunakan kandang tertutup. Hal ini untuk mengurangi risiko dicuri sebab harganya cukup mahal sehingga menarik perhatian orang dengan niat jahat.

Untuk masalah pakan, Pak Sismudi tidak menggunakan pakan khusus berupa pakan B2 untuk dewasa dan B1 bagi anakan. Untuk dewasa akan diberi tambahan dedak padi sehingga membuat lebih cepat kenyang dan dapat menghemat biaya pakan.

Selain itu, juga diberikan nutrisi tambahan berupa kunyit dan jahe untuk menjaga kesehatan hewan ternak. Caranya dengan memarut kunyit dan jahe lalu dicampurkan pada pakan, nutrisi ini diberikan setidaknya seminggu 2 kali.

Untuk budidaya ayam cemani super melalui telur, Pak Sismudi menggunakan cara alami yaitu dierami langsung oleh indukannya. Selain itu, juga menggunakan mesin. Menurutnya, kedua cara ini sama-sama efektif, tinggal peternak sendiri yang menentukan pilih cara mana.

Urusan pemeliharaan dan perawatan lainnya sama saja seperti pada ayam biasa sehingga tidak perlu rumit maupun ada kesulitan berarti. Hanya saja perlu telaten dan selalu memerhatikan kebersihan kandang juga makanan ternak.

Jika Anda tertarik untuk memelihara ayam cemani, bisa mulai dengan membeli anakan atau indukannya. Dapat mencoba dari jumlah kecil dulu karena budidaya ayam cemani super perlu dikembangkan sedikit demi sedikit.

Jenis-Jenis Ayam Cemani

Saat ini dikenal ada 4 (empat) macam tipe ayam kedu atau ayam cemani, diantaranya:

  • Ayam kedu hitam, seluruh tubuh dan bulu berwarna hitam, hanya jengger dan kloaka masih kemerahan
  • Ayam kedu cemani (Sansk. cemani = hitam legam), seluruh tubuh dan bulu hitam tanpa kecuali, bahkan daging dan tulang pun kehitaman.
  • Ayam kedu putih, warna bulu putih.
  • Ayam kedu merah, berbulu hitam dan berjengger merah.

 

Cara Beternak Ayam Cemani Bagi Pemula Agar Sukses


Persiapan Kandang Ayam Cemani

Siapkan kandang dan peralatan pendukungnya, kandang ayam cemani sebaiknya dibuat tidak terlalu besar dengan hanya memuat 5- 6 ekor ayam saja. Hal ini bertujuan untuk menjadikan proses pertumbuhan dan perkembangan ayam dapat berlangsung lebih baik termasuk proses perkawinan yang akan berjalan lebih optimal.


Pemilihan Indukan Ayam Cemani

Ayam cemani yang akan dijadikan indukan harus memiliki ciri yang jelas sebagai ayam cemani seperti warna hitam yang menyeluruh dan beberapa jenis lainnya. Tingginya harga ayam cemani menjadikan ayam ini cukup banyak dipalsukan sehingga harus benar-benar diperhatikan dengan baik. Sebaiknya hindari pemilihan indukan ayam cemani dari satu keturunan yang sama.


Cara Mengawinkan Ayam Cemani

Setelah indukan yang sehat, agresif, memiliki birahi yang baik, dan siap untuk kawin secara usia, ayam diletakkan dalam kandang dan biarkan terjadi proses perkawinan. Proses perkawinan ayam cemani yang dipilih melalui metode perkawinan alami dan bukan menggunakan teknik inseminasi buatan seperti pada kebanyakan ayam ternak. Perkawinan alami tersebut bisa memberikan hasil anakan yang lebih murni dan berkualitas. Perkawinan alami dilakukan dengan cara membiarkan indukan jantan dan betina di dalam satu kandang dengan perbandingan 1 jantan dan 4-5 betina.


Penetasan Telur Ayam Cemani

Setelah indukan jantan dan betina dapat kawin maka telur akan ditetaskan. Ayam cemani memiliki sifat untuk mengasuh dan mengerami telurnya sendiri sehingga biarkan telur tersebut dierami hingga menetas oleh indukannya. Setelah menetas, anakan ayam cemani sangat rentan dan mudah mengalami berbagai masalah yang bisa menyebabkan terjadinya kondisi berbahaya bagi ayam cemani sehingga perlu untuk dilakukan perawatan DOC pada anakan ayam tersebut untuk memperbesar rasio kehidupannya.


Pembesaran Anakan Ayam Cemani

Anakan ayam cemani yang sangat rentan terhadap berbagai kondisi berbahaya membutuhkan proses perawatan DOC dimana anakan ayam ditempatkan dalam box dengan penyinaran menggunakan cahaya lampu. Setelah berumur 4 hari maka anakan ayam cemani tersebut perlu di imunisasi sesuai dengan imunisasi wajibnya. Ayam cemani anakan bisa dibesarkan dengan perawatan khusus hingga menjadi ayam dewasa.


Sumber : tanilink.com, faunadanflora,com