Aplikasi Mobile Jadi Lahan Bisnis Menguntungkan

Tahun ini dan tahun-tahun ke depan, industri perangkat lunak (software) khususnya di perangkat mobile akan menjadi lahan bisnis yang menguntungkan. Pasalnya, pertumbuhan pasar ponsel pintar maupun tablet juga meningkat seiring dengan pertumbuhan yang stagnan dan cenderung menurun untuk industri perangkat PC desktop.
Sebuah laporan terbaru mengatakan bahwa industri aplikasi mobile tumbuh pada tingkat yang sangat cepat. Jumlah download aplikasi mobile diperkirakan mencapai 48 miliar di tahun 2015.
Menurut praktisi bisnis IT Indra Sosrodjojo kecenderungan itu sudah mulai terlihat dari industri yang awalnya menggarap pasar korporasi, kini mulai melirik pasar konsumen atau retail. Contoh industri yang mengalihkan model bisnisnya tersebut adalah Apple Computer yang berhasil meraih pasar konsumen dengan produknya mulai dari iPod, iPhone, dan iPad.
"Model bisnis yang dilakukan oleh Apple kini mulai diikuti oleh industri lainnya, begitu juga dengan urusan soal software," kata Indraseperti dikutip oleh Kompas.com.
Alasan mengapa industri mobile apps mendapatkan permintaan yang sangat tinggi, terutama disebabkan masuknya Smartphone dan tablet PC dari berbagai merek yang telah memasuki pasar pada tingkat yang sangat pesat akhir-akhir ini. Hadirnya perangkat-perangkat canggih tersebut, lanjut Indra, mau tidak mau bakal menumbuhkan industri software dengan membuat berbagai macam aplikasi, mulai dari game, musik hingga aplikasi lain yang mendukung fungsionalitas perangkat layar sentuh tersebut.
"Jika kita kreatif maka industri kreatif di bidang IT pun tercipta," jelasnya. Merunut dari data  Business Monitor International (BMI), jumlah pengeluaran biaya IT di Indonesia pada tahun 2015 akan mencapai 10,2 miliar dollar AS atau sekitar Rp 92 triliun.
Perusahaan seperti Apple dan Google menyadari bahwa kesuksesan mereka bukan hanya dari pengembangan perangkat teknologi, tapi juga dari pasar aplikasi mobile di mana user (pengguna) dapat mendownload aplikasi mobile dan memberikan kesempatan kepada pengembang untuk mengembangkan aplikasi.
Kita dapat melihat bahwa kini aplikasi mobile mulai mempengaruhi kehidupan kita sehari-hari. Dari belanja bahan makanan hingga pembelian beragam jenis tiket. Bisa dipastikan aplikasi mobile akan mengubah lifestyle kita. Dan kita mau tidak mau harus mengikuti perubahan itu bila tidak ingin menjadi manusia yang tertinggal dengan orang lain.