Mudahnya Menjalankan Bisnis EO

Event organizer (EO) merupakan bisnis yang sudah tidak asing di telinga masyarakat awam saat ini. Bisnis tersebut bukanlah sekedar bisnis yang menjual jasa mengadakan acara saja, melainkan juga menjual ide kreatif yang segar dan inovatif bagi suatu acara. Bisnis ini banyak ditekuni oleh mahasiswa magang dan kerja paruh waktu untuk mencari pengalaman sebanyak-banyaknya dalam bidang yang kreatif.
EO sendiri merupakan suatu bisnis yang bisa dimulai dengan modal rendah. Jika Anda tidak memiliki modal yang cukup besar untuk memulai suatu usaha, mendirikan EO bisa menjadi salah satu solusi bagi Anda. Namun, modal saja bukan hal yang harus diperhatikan dalam pendirian suatu EO, wawasan tentang berbagai bidang yang bisa membantu saat membuat acara, testimoni pelanggan, juga perkembangan bisnis baik secara fisik maupun non-fisik merupakan hal mendasar yang perlu diperhatikan. Berikut merupakan tujuh langkah sukses yang bisa anda praktekan untuk memulai bisnis kreatif ini yaitu:

1. Perbanyak wawasan di berbagai bidang
Wawasan merupakan hal yang teramat penting bagi seorang pebisnis. Khususnya bisnis EO ini, wawasan di berbagai bidang sangat diperlukan. Bayangkan jika seorang dari bisnis ini hanya memiliki wawasan yang sedikit, maka tentu saja dalam menjalani bisnis ini akan sangat sulit. Anda perlu mendalami musik dan bahkan tahu siapa saja pemusik yang berpengaruh jika harus membuat acara bertemakan musik. Sama halnya ketika ingin mengadakan acara pameran lukisan, Anda harus mengerti benar tentang lukisan atau pelukis dan sekiranya tentang teknis dalam bidang tersebut.

2. Perbanyak ide kreatif dan inovatif

Membaca merupakan salah satu solusi yang bisa dilakukan untuk memperkaya ide. Selain itu Anda bisa pergi mengunjungi berbagai acara untuk memperlajari sistem kerja EO atau mencoba mendaftar menjadi EO terlebih dahulu untuk mencari dan mengumpulkan pengalaman. Ide bisa didapatkan dari mana saja, tinggal bagaimana Anda menjadikan ide tersebut agar terkesan kreatif dan inovatif.

3. Bangun tim kerja yang solid

Tim tidak terpisahkan dari bisnis EO. Anda tidak akan bisa mendirikan bisnis ini sendirian. Sekalipun Anda bosnya, bisnis ini memerlukan orang-orang handal yang dapat bekerja di berbagai bidang. Tim kerja yang diperlukan bukan hanya yang rajin bekerja, melainkan juga secara fisik kuat dan sehat, kreatif, komunikatif, dan dapat bekerja sama dalam tim. Hal-hal tersebut menjadi syarat penting bagi seorang EO, karena selain pekerjaan tersebut melelahkan secara fisik dan mental, menjadi EO berarti juga siap untuk berbicara dan bekerja sama dengan banyak pihak, baik itu rekan kerja, klien, mitra kerja, maupun khalayak umum.

4. Kumpulkan modal

Bisnis ini bisa dimulai dari modal yang tidak banyak. Percaya diri bahwa Anda bisa menjalankan usaha ini dari modal utama yang tidak boleh dilupakan. Pasang mimpi Anda pada bisnis ini dan jalankan bisnis ini dengan sepenuh hati. Modal tidak selalu berupa modal fisik baik itu berupa uang maupun barang, melainkan modal kepercayaan dari partner kerja, relasi, maupun keluarga. Modal juga dapat terkumpul dengan sistem saham.
Untuk mendapatkan modal, Anda juga dapat menjual saham kepada anak buah atau relasi bisnis. Selain dapat menambah modal secara signifikan, sistem saham juga memperkuat kepercayaan teman bisnis terhadap Anda sebagai pelaksana modal. Selain dari dana pribadi maupun saham, modal dapat diperoleh melalui hutang bank. Pilih yang memiliki bunga terkecil dan proses pencairan dana yang tidak berbelit-belit. Pastikan rancangan program kerja Anda mapan dan matang sehingga hutang akan tertutup seiring berjalannya bisnis.

5. Perluas relasi bisnis

Pebisnis cerdas pasti akan cenderung memperluas relasinya terlebih dahulu sebelum mendirikan suatu bisnis. Alasannya sederhana, mereka perlu mempelajari seluk-beluk mendirikan usaha dari orang lain sebelum mendirikan usahanya sendiri. Selain itu relasi bisnis juga penting untuk mendukung bisnis ini dari berbagai bidang. Ingat, besarnya modal bisnis EO bukan berdasarkan pada berapa banyak uang yang Anda miliki, melainkan seberapa luas relasi yang Anda miliki di dunia bisnis.
Relasi bisnis terbentuk karena adanya pertukaran yang menguntungkan dari kedua belah pihak. Contohnya saat Anda bekerja sama dengan pebisnis kuliner dan mendirikan pameran kuliner pada suatu hari, maka Anda tidak akan kesulitan dalam menemukan partisipan untuk acara tersebut. Seperti halnya ketika Anda memiliki kenalan seorang manajer band, tidak akan kesulitan untuk menemukan band pengisi untuk suatu acara dan lain sebagainya.
Membangun relasi bisnis bisa dimulai dari mana saja. Dengan menghadiri berbagai acara atau magang di berbagai tempat, memberi Anda lebih banyak kesempatan untuk bertemu dengan pebisnis lain yang kompeten dan handal. Yang perlu dilakukan adalah membangun citra baik dan membuktikan bahwa Anda sama kompetennya sebagai seorang pebisnis. Bahkan terkadang dengan sendirinya orang asing pun dapat menjadi mitra bisnis.

6. Bekerja berdasarkan kepuasan pelanggan

Pekerjaan di bidang jasa sangat menitikberatkan pada kepuasan pelanggan. Pelanggan bisa berupa sponsor yang menjadi penyokong dana di acara Anda, mitra kerja yang terkait dalam acara, maupun partisipan acara atau khalayak umum yang hadir dalam acara. Dengan mengutamakan kepuasan pelanggan, Anda harus mau mengambil risiko rugi sekalipun jika terjadi sesuatu pada acara yang tidak berkenan di hati pelanggan. Ingat, pelanggan adalah raja. Satu testimoni buruk dari pelanggan bisa menimbulkan nilai minus bagi calon pelanggan.

7. Rajin lakukan review dan perbaiki kinerja

Mereview hasil kerja dan memperbaiki kinerja tim merupakan hal yang tidak kalah penting. Saat mengadakan suatu acara, jangan lupa meminta kesan-pesan dari mitra bisnis, sponsor, maupun khalayak umum yang terkait dengan acara Anda. Review tersebutlah yang akan menjadi tugas bagi tim untuk memperbaiki kinerja agar lebih baik ke depannya. Dengan terus membaiki diri dan berinovasi, tim EO Anda akan semakin maju dan terpercaya baik di kalangan mitra bisnis maupun khalayak umum.
Bisnis EO bukanlah bisnis dengan modal tinggi pada awalnya, tetapi dapat menghasilkan keuntungan yang tidak sedikit ketika mampu menjalankan bisnis kreatif ini dengan baik dan berkompeten. Hal terpenting dalam bisnis ini adalah kepercayaan, baik itu dari tim kerja, relasi bisnis, maupun hadirin dalam acara yang diselenggarakan.
Selain terus berkarya dan berinovasi, memperbaiki kinerja tim juga merupakan hal yang penting demi kelangsungan bisnis EO Anda. Meski sering kali bisnis ini dijalankan oleh mahasiswa secara kecil-kecilan, bukan tidak mungkin bahwa bisnis ini bisa berkembang menjadi bisnis besar yang menjanjikan selama Anda percaya bahwa bisa menjalankan bisnis ini dengan baik dan berkompeten.