Ramadhan Segera Tiba, Ini Bisnis Yang Cocok Untuk Dilakukan

Bulan Ramadhan segera tiba. Bulan yang penuh dengan berkah ini selalu di nantikan oleh seluruh umat muslim. Berkah Ramadhan datang satu kali dalam setahun dan sayang untuk dilewatkan. Berkah usahapun ikut dirasakan oleh banyak orang dengan datangnya bulan Ramadhan. Banyak muncul usaha musiman yang memanfaatkan potensi pasar yang ada di bulan ini. Mengintip peluang bisnis menjelang puasa, pada saat puasa dan saat lebaran tiba memang cukup menarik. Melihat di tahun-tahun sebelumnya peluang bisnis ini cukup baik. Peluang usaha yang dapat di jalankan baik itu menjelang puasa, pada saat puasa dan saat lebaran tiba banyak sekali jenisnya, berikut ada beberapa alternatif peluang usaha tersebut.

Peluang usaha jelang Puasa atau Ramadhan:

1. Bisnis Makanan
Sekalipun judulnya puasa, namun makanan adalah primadona bisnis di bulan ini. Anda bisa berjualan berjualan makanan mulai untuk sahur hingga berbuka puasa. Berbagai makanan khas puasa akan menjadi serbuan masyarakat, karena saat ini banyak orang ingin sesuatu yang praktis alias tidak repot, membeli yang sudah jadi akan jadi pilihan dari pada harus repot memasak sendiri. Seperti bisnis jualan gorengan, usaha jualan kolak, candil, dll. Tipsnya anda cari tempat yang tepat dan mudah dijangkau. Jualan non permanen alias di pinggir jalan bisa jadi tempat yang strategis. Karena pembeli biasanya orang yang pulang kantor yang tidak keburu membatalkan puasa di rumah.

2. Bisnis Catering Untuk Buka Puasa Bersama
Peluang bisnis catering, biasanya banyak orderan untuk buka puasa bersama event kantor maupun keluarga . Tidak ada salahnya memulai usaha catering pada bulan ini dengan membidik segmen “buka bersama” sebagai pasar utama. Siapkan menu-menu menarik dari sekarang.

3. Bisnis Kue Lebaran Dan Parcel Lebaran
Peluang usaha bisnis kue lebaran hampir tiap tahun HOT menjelang Lebaran Idul fitri . Walaupun banyak juga yang membuat sendiri tetapi masih banyak orang yang lebih suka membeli kue-kue lebaran di pasar atau di mall. Ini juga berhubungan dengan budaya halal bihalal yang sudah mendarah daging pada masyarakat kita. Sehingga diperlukan banyak suguhan pada hari yang fitri tersebut untuk menjamu tamu yang datang. Dan ini adalah potensi pasar yang besar,kita bisa ikut nimbrung menikmati usaha yang “lezat” ini.

4. Memproduksi Atau Berjualan Busana Muslim
Bisnis Pakaian Muslim dan Perlengkapan Sholat. Biasanya bulan Ramadhan sampai menjelang lebaran aktivitas belanja baju muslim masyarakat terus meningkat. Banyaknya acara berbuka bersama dengan teman kerja, relasi, atau keluarga besar menjadi salah satu pendorong orang membeli baju muslim.
Seperti baju koko, mukena, jilbab, sajadah, peci, gamis, sarung baju muslim anak dan lain sebagainya. Atau bisa juga busana umum baik untuk laki-laki atau perempuan dari mulai balita, anak-anak. remaja sampai untuk orang dewasa. Bisnis busana termasuk yang paling menikmati panen raya pada bulan puasa ini.

5. Bisnis Rental Mobil
Peluang usaha rental mobil jelang lebaran juga masuk kategory paling HOT, sekarang akan jadi makin HOT lagi seiring dengan makin mahal dan susahnya cari tiket kereta dan pesawat . Orang akan berfikir alternatif memakan rental mobil untuk bersama satu keluarga. Dan Mobil rental sekaligus bisa dipakai untuk silaturahmi di kampung halaman.

Semoga dari uraian singkat ini bisa memberikan gambaran usaha bagi Anda dan semoga apapun usaha yang akan  dijalankan dapat memberi keberkahan untuk semua. Atau mungkin ada ide bisnis lain yang mungkin cocok silahkan berbagi ide disini.