Bisnis dan teknologi selalu berjalan beriringan. Dulu waktu internet pertama kali muncul, langsung e-commerce menggeliat. Situs web menjadi sarana memperkenalkan produk dan berpromosi. Ketiga blogging sedang tren, blog pun tak ketinggalan menjadi sarana baru berbisnis.
Suatu hal yang wajar. Karena bila digambarkan bisnis itu sendiri punya sifat ulet, pantang berhenti, dan adaptif. Artinya, setiap terjadi perubahan, otomatis bisnis ikut menyesuaikan diri.
Sedangkan, blog lahir untuk sarana ekspresi diri alias bersifat personal. Watak asli blogging ini penting dipahami bagi anda yang mau berbisnis lewat blog.
Lantas, bagaimana tips sukses menjual (apapun) lewat blog?
Joko Susilo, seorang penggiat bisnis online memaparkan sejumlah panduan agar seorang blogger sukses berjualan lewat blog mereka. Ulasan Joko bisa ditengok lebih mendalam di blog-nya.
1. Ajak ngobrol, bukan jualan
Anda tidak bisa dengan serta merta melakukan promosi terang-terangan lewat blog. Yang terbaik adalah jualan secara diam-diam. Buat mereka ketagihan dengan konten blog anda. "Ketika mereka suka, maka akan lebih mudah bagi anda menjual (apapun)," kata Joko dalam blognya. "Namun, jika anda langsung membombardir dengan promosi langsung, pengunjung bakal kabur."
2. Sering memposting yang menarik
Memposting secara rutin itu penting. Memposting hal menarik tak kalah penting. Blog disukai karena sering di-update. Kalau jarang, apa bedanya dengan situs web?
3. Tulis yang anda tahu dan sukai
Ini akan membuat anda lebih enjoy blogging. Joko memberi contoh postingan seorang blogger Lintang Fajar yang punya gaya sendiri saat bercerita. Sekalipun semata karena suka menulis, tanpa niat menjual, tapi tulisannya sungguh menjual. Tak menutup kemungkinan nantinya bisa dibukukan.
Menulis hal yang anda suka sangat baik. Sebab itu salah satu alasan kenapa kita blogging. "Saya yakin asal kita melakukannya secara tekun dan konsisten, orang tak akan ragu mengapresiasi tulisan anda," ujar Joko.
4. Tulisan bermanfaat dan inspiratif
Tulisan bermanfaat akan mengundang pembaca terpikat melirik blog anda, bahkan mereka akan menjadi ketagihan. Jika sudah begitu, apapun yang diperoleh berikutnya, hanyalah efek dari rasa suka mereka.
"Kuncinya pada konten. Begitu mereka sekali saja membaca dan suka, mereka akan berulang-ulang kembali ke blog anda."
Begitu juga dengan facebook. Jualan lewat facebook ternyata tidak sulit. Salah seorang blogger yang menetap di Bandung membuktikan itu. Dialah DickySukmana, manajer cabang Invictus Indonesia dan direktur kreatif PT Mega Cipta Media di Jakarta menyajikan pengalamannya berpromosi lewat facebook.
Dalam blognya, Dicky memaparkan pengalamannya saat mencoba jualan produk via facebook. Ia mencoba memasarkan t-shirt. Hasilnya, cukup lumayan. Hanya dalam tempo dua hari, sebanyak 78 potong t-shirt terjual. Padahal, upaya yang dilakukan tak sulit.
Ini membuktikan bahwa peran media sosial untuk pemasaran atau pengenalan merek sangat efektif. Namun, agar langkah berpromosi atau berjualan lewat facebook bisa sukses, Dicky berbagi tips facebook marketing bagi para pembaca di blognya.
Berikut ini sejumlah tips dari Dicky:
1. Personalisasikan profil anda di facebook. Ini menjadi ajang anda memperkenalkan diri, merek atau bisnis. Profil harus sesuai dengan jasa yang ditawarkan. Pendidikan dan prestasi yang telah dicapai akan menambah kepercayaan calon klien.
2. Banyak teman banyak rezeki. Relasi pembawa rezeki bukanlah mitos. Bergaul adalah syarat utama bagi marketer, termasuk di dunia maya. Menambah teman (add friend) sangat perlu untuk menambah relasi.
3. Bergabung dengan groups atau membuat groups sendiri. Ada puluhan ribu group di facebook, namun anda harus memilih group yang masih aktif dan sesuai dengan kebutuhan anda.
4. Menyiapkan cara penjualan. Itu bisa dilakukan melalui poster, video atau URL link ke sales page anda. Bisa juga menyebarkan lewat pesan atau status di facebook anda.
Suatu hal yang wajar. Karena bila digambarkan bisnis itu sendiri punya sifat ulet, pantang berhenti, dan adaptif. Artinya, setiap terjadi perubahan, otomatis bisnis ikut menyesuaikan diri.
Sedangkan, blog lahir untuk sarana ekspresi diri alias bersifat personal. Watak asli blogging ini penting dipahami bagi anda yang mau berbisnis lewat blog.
Lantas, bagaimana tips sukses menjual (apapun) lewat blog?
Joko Susilo, seorang penggiat bisnis online memaparkan sejumlah panduan agar seorang blogger sukses berjualan lewat blog mereka. Ulasan Joko bisa ditengok lebih mendalam di blog-nya.
1. Ajak ngobrol, bukan jualan
Anda tidak bisa dengan serta merta melakukan promosi terang-terangan lewat blog. Yang terbaik adalah jualan secara diam-diam. Buat mereka ketagihan dengan konten blog anda. "Ketika mereka suka, maka akan lebih mudah bagi anda menjual (apapun)," kata Joko dalam blognya. "Namun, jika anda langsung membombardir dengan promosi langsung, pengunjung bakal kabur."
2. Sering memposting yang menarik
Memposting secara rutin itu penting. Memposting hal menarik tak kalah penting. Blog disukai karena sering di-update. Kalau jarang, apa bedanya dengan situs web?
3. Tulis yang anda tahu dan sukai
Ini akan membuat anda lebih enjoy blogging. Joko memberi contoh postingan seorang blogger Lintang Fajar yang punya gaya sendiri saat bercerita. Sekalipun semata karena suka menulis, tanpa niat menjual, tapi tulisannya sungguh menjual. Tak menutup kemungkinan nantinya bisa dibukukan.
Menulis hal yang anda suka sangat baik. Sebab itu salah satu alasan kenapa kita blogging. "Saya yakin asal kita melakukannya secara tekun dan konsisten, orang tak akan ragu mengapresiasi tulisan anda," ujar Joko.
4. Tulisan bermanfaat dan inspiratif
Tulisan bermanfaat akan mengundang pembaca terpikat melirik blog anda, bahkan mereka akan menjadi ketagihan. Jika sudah begitu, apapun yang diperoleh berikutnya, hanyalah efek dari rasa suka mereka.
"Kuncinya pada konten. Begitu mereka sekali saja membaca dan suka, mereka akan berulang-ulang kembali ke blog anda."
Begitu juga dengan facebook. Jualan lewat facebook ternyata tidak sulit. Salah seorang blogger yang menetap di Bandung membuktikan itu. Dialah DickySukmana, manajer cabang Invictus Indonesia dan direktur kreatif PT Mega Cipta Media di Jakarta menyajikan pengalamannya berpromosi lewat facebook.
Dalam blognya, Dicky memaparkan pengalamannya saat mencoba jualan produk via facebook. Ia mencoba memasarkan t-shirt. Hasilnya, cukup lumayan. Hanya dalam tempo dua hari, sebanyak 78 potong t-shirt terjual. Padahal, upaya yang dilakukan tak sulit.
Ini membuktikan bahwa peran media sosial untuk pemasaran atau pengenalan merek sangat efektif. Namun, agar langkah berpromosi atau berjualan lewat facebook bisa sukses, Dicky berbagi tips facebook marketing bagi para pembaca di blognya.
Berikut ini sejumlah tips dari Dicky:
1. Personalisasikan profil anda di facebook. Ini menjadi ajang anda memperkenalkan diri, merek atau bisnis. Profil harus sesuai dengan jasa yang ditawarkan. Pendidikan dan prestasi yang telah dicapai akan menambah kepercayaan calon klien.
2. Banyak teman banyak rezeki. Relasi pembawa rezeki bukanlah mitos. Bergaul adalah syarat utama bagi marketer, termasuk di dunia maya. Menambah teman (add friend) sangat perlu untuk menambah relasi.
3. Bergabung dengan groups atau membuat groups sendiri. Ada puluhan ribu group di facebook, namun anda harus memilih group yang masih aktif dan sesuai dengan kebutuhan anda.
4. Menyiapkan cara penjualan. Itu bisa dilakukan melalui poster, video atau URL link ke sales page anda. Bisa juga menyebarkan lewat pesan atau status di facebook anda.