5 Jenis Usaha Bagi yang Modalnya Tipis

Beberapa wirausahawan sukses mengungkapkan kunci menjadi seorang pengusaha adalah kemauan dan tidak kenal menyerah. Namun rupanya kata-kata itu kurang tanpa adanya ide cemerlang dan ketersediaan biaya yang mencukupi.
Membangun sebuah usaha pada dasarnya harus punya modal yang cukup. Namun sayangnya tidak semua calon wirausahawan mempunyai dana yang cukup ketika ingin membangun sebuah usaha, meskipun itu hanya usaha kecil.
Lalu apa yang bisa dilakukan dengan modal tipis namun punya tempat untuk membuka usaha? Mungkin 5 jenis usaha ini yang cocok untuk Anda seperti dikutip detikFinance dari berbagai sumber.

Bisnis Kuliner
Bisnis kuliner adalah bisnis yang bergelut di bidang makanan dan minuman adalah jenis usaha yang paling banyak dilakukan dengan modal yang tidak terlalu besar. Dalam berbisnis kuliner yang dibutuhkan adalah keahlian Anda untuk memasak dan membuat sesuatu makanan/minuman yang baru. 
Modalnya tidak terlalu banyak hanya dengan modal awal minimal Rp 5 juta Anda dapat membeli bahan baku dan mengolahnya menjadi makanan yang bernilai dan menghasilkan keuntungan.  Ada banyak sekali pilihan usaha kuliner, tergantung menu yang Anda sajikan, misalnya usaha keripik, ayam kentaki atau jenis gorengan bisa juga makanan ringan.
Anda juga jangan ragu untuk membuat minuman selingan yang bernilai tambah. Contoh sirup plus sari kelapa (nata de coco). Harga nata de coco ukuran sedang hanya Rp 7.000/pcs sedangkan sirup buah harganya per botol hanya Rp 15.000/pcs. Anda cukup menjual satu porsi minuman tersebut dengan harga Rp 7.000 maka keuntungan yang anda dapatkan cukup besar.
Sementara itu, Anda juga diminta kreatif menghias toko yang anda punya dengan hiasan sederhana yang inovatif atau bisa juga mengambil tema angkringan. Cara ini dilakukan untuk menarik pembeli.

Bisnis Pulsa
Bisnis pulsa adalah bisnis yang tidak memerlukan modal yang cukup besar. Yang dibutuhkan hanya handphone, deposit pulsa dan mungkin juga kios kecil atau tanpa kios juga bisa. Misalnya dengan asumsi modal Rp 5 juta, Anda bisa membagi modal tersebut menjadi dua yaitu Rp 2,5 juta untuk mendeposit pulsa sisanya Rp 2,5 juta bisa anda gunakan untuk membeli asesoris HP dan nomor cantik yang sering diburu para pembeli. Jangan ragu untuk menghias toko anda dengan ide kreatif, tidak harus mahal agar menarik pembeli.

Bisnis Laundry
Untuk memulai usaha jasa cuci ini yang diperlukan minimal sebuah mesin cuci, detergen, pewangi, dan setrika. Anda bisa menggunakan bagian rumah anda untuk menjalankan usaha ini. Bila Anda punya uang Rp 5 juta, Anda bisa membeli 2 mesin cuci dengan kapasitas 9,5 kg dengan harga Rp 1,8 juta/unitnya. Sisanya Anda bisa membeli setrika, pewangi dan deterjen.
Tarif rata-rata bisnis laundry di Jakarta adalah Rp 7.000-10.000/kg. Nah dengan bisnis ini, Anda dijamin bisa mendapatkan keuntungan. Yang paling penting diperhatikan dari bisnis ini tentu adalah kesehatan Anda.

Bisnis Pakaian
Untuk bisnis ini juga bisa dijalankan dengan modal Rp 5 juta. Anda tinggal membeli pakaian yang sudah jadi pada pusat produksi, kemudian menjual kembali lewat gerai yang Anda miliki.
Jenis fesyen yang sedang trend saat ini adalah jaket klub sepakbola. Nah untuk mendapatkan jaket klub sepakbola kualitas 1 (di bawah Ori) Anda bisa membeli lusinan. Anda bisa berburu dan memesan jaket tersebut di sebuah agen jaket di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat dengan harga Rp 125.000/helai. Saat dijual nantinya, tidak salahnya Anda menjual satu jaket dengan harga Rp 150.000-200.000/helai. Bagaimana, ini jenis usaha yang menguntungkan bagi Anda. Jangan lupa untuk menghias toko yang Anda punya dengan gambar-gambar klub sepakbola dan tokoh sepakbola seperti Cristiano Ronaldo, Lionel Messi atau ikon sepakbola nasional seperti Bambang Pamungkas dan Evan Dimas.

Bisnis Jasa Pengetikan
Untuk memulai bisnis ini cukup sederhana. Dengan modal Rp 5 juta, Anda bisa membuka dengan membeli komputer bekas. Harga satu set komputer bekas saat ini hanya Rp 750.000 (untuk Pentium III) dan Anda bisa membeli itu di Pusat Toko Elektronik Harco Mangga Dua. Anda cukup membeli 4 set komputer.
Sisa dari uang yang masih Anda punya bisa dibuat untuk membeli mesin printer. Satu set printer plus scanner baru hanya Rp 800.000/unit. Anda juga bisa menambah membeli satu printer standar dengan harga Rp 500.000/unit.