Gemerincing Laba Aksesoris Wanita


Wanita adalah makhluk ciptaan Tuhan yang mempunyai keinginan ingin selalu tampil cantik memesona. Agar penampilannya tanpa cela, beberapa wanita mengaku membutuhkan aksesoris untuk menambah kesan anggun, gaul ataupun mewah. Seiring bertambahnya minat wanita akan aksesoris berupa gelang, kalung, cincin, anting, bros dan lain sebagainya, peluang usaha menjual aksesoris pun meningkat. Nah, apakah Anda tertarik untuk turut menjajal potensi bisnis ini serta membuktikan gemerincing laba yang dihasilkannya?


Ada beberapa pilihan untuk memeroleh untung besar dari menjual aksesoris wanita. Anda bisa memilih peran sebagai produsen sekaligus supplier atau hanya sebagai pengecer atau penjual biasa. Bila ingin memeroleh untung yang lebih besar, sebaiknya Anda mencipta sendiri aneka produk aksesoris tersebut. Setelah produk siap, Anda dapat memasarkannya secara grosir kepada para pengecer. Dengan demikian, bisnis Anda tetap hidup karena harus menyediakan stok untuk dipasarkan. Selain itu, Anda secara tak langsung juga telah berpartisipasi menciptakan lahan pekerjaan karena mau tak mau proses produksi aksesoris ini membutuhkan bantuan SDM dalam jumlah yang mencukupi.

Walau Anda memilih peran sebagai penjual eceran, omzet menggiurkan juga bisa diraih, lho. Karena tak terpatok pada prosedur pembuatan aksesoris yang menyita waktu, peran ini juga dilakukan oleh mereka yang masih berprofesi sebagai karyawan sebuah perusahaan. Rekan sejawat di kantor pun bisa menjadi networking atau bila memungkinkan sekaligus menjadi pembeli atau bahkan agen. Nah, yang mesti diperhatikan bila menjual aksesoris wanita dijadikan side job (pekerjaan sampingan) adalah jangan sampai usaha sampingan mengganggu kewajiban utama Anda sebagai seorang karyawan.

Bila Anda berminat dalam bisnis ini, perhatikan beberapa faktor yang dapat memengaruhi laju usaha penjualan aksesoris wanita, diantaranya sebagai berikut :
  • Selera konsumen. Supaya produk aksesoris laku di pasaran, Anda harus mengerti selera konsumen. Ini bisa disiasati dengan melakukan survei atau riset pasar. Mengembangkan daya kreasi serta selalu mengikuti tren mode juga bisa menjadi kiat bagi para produsen aksesoris wanita.
  • Bahan dan Desain. Bahan dan desain yang unik cenderung bisa menarik konsumen yang tergila-gila pada aksesoris. Perlu diperhatikan juga adalah kualitas bahan yang dipakai. Ada sebagian konsumen yang mempunyai kulit teramat sensitif. Karena aksesoris wanita juga berhubungan langsung dengan kulit, misalkan untuk giwang atau anting-anting,  maka pemilihan bahan juga harus disiasati dengan baik dan bijak agar kelak produk Anda tak dikomplain oleh konsumen.
Persaingan. Bisnis menjual aksesoris wanita ini bukan hal yang baru, karena itu persaingan sudah semakin menjamur. Untuk mewaspadainya, Anda bisa menciptakan strategi pemasaran dengan membuka toko online. Aktif dalam sejumlah pameran juga dapat membantu promosi produk Anda, jadi jangan sungkan-sungkan mengikuti pameran agar masyarakat mengenal keunggulan produk aksesoris Anda.