Wanita adalah makhluk ciptaan Tuhan yang mempunyai keinginan ingin
selalu tampil cantik memesona. Agar penampilannya tanpa cela, beberapa
wanita mengaku membutuhkan aksesoris untuk menambah kesan anggun, gaul
ataupun mewah. Seiring bertambahnya minat wanita akan aksesoris berupa
gelang, kalung, cincin, anting, bros dan lain sebagainya, peluang usaha
menjual aksesoris pun meningkat. Nah, apakah Anda tertarik untuk turut
menjajal potensi bisnis ini serta membuktikan gemerincing laba yang
dihasilkannya?
Ada beberapa pilihan untuk memeroleh untung besar dari menjual
aksesoris wanita. Anda bisa memilih peran sebagai produsen sekaligus
supplier atau hanya sebagai pengecer atau penjual biasa. Bila ingin
memeroleh untung yang lebih besar, sebaiknya Anda mencipta sendiri aneka
produk aksesoris tersebut. Setelah produk siap, Anda dapat
memasarkannya secara grosir kepada para pengecer. Dengan demikian,
bisnis Anda tetap hidup karena harus menyediakan stok untuk dipasarkan.
Selain itu, Anda secara tak langsung juga telah berpartisipasi
menciptakan lahan pekerjaan karena mau tak mau proses produksi aksesoris
ini membutuhkan bantuan SDM dalam jumlah yang mencukupi.
Walau Anda memilih peran sebagai penjual eceran, omzet menggiurkan
juga bisa diraih, lho. Karena tak terpatok pada prosedur pembuatan
aksesoris yang menyita waktu, peran ini juga dilakukan oleh mereka yang
masih berprofesi sebagai karyawan sebuah perusahaan. Rekan sejawat di
kantor pun bisa menjadi networking atau bila memungkinkan sekaligus
menjadi pembeli atau bahkan agen. Nah, yang mesti diperhatikan bila
menjual aksesoris wanita dijadikan side job (pekerjaan sampingan) adalah jangan sampai usaha sampingan mengganggu kewajiban utama Anda sebagai seorang karyawan.
Bila Anda berminat dalam bisnis ini, perhatikan beberapa faktor yang
dapat memengaruhi laju usaha penjualan aksesoris wanita, diantaranya
sebagai berikut :
- Selera konsumen. Supaya produk aksesoris laku di pasaran, Anda harus mengerti selera konsumen. Ini bisa disiasati dengan melakukan survei atau riset pasar. Mengembangkan daya kreasi serta selalu mengikuti tren mode juga bisa menjadi kiat bagi para produsen aksesoris wanita.
- Bahan dan Desain. Bahan dan desain yang unik cenderung bisa menarik konsumen yang tergila-gila pada aksesoris. Perlu diperhatikan juga adalah kualitas bahan yang dipakai. Ada sebagian konsumen yang mempunyai kulit teramat sensitif. Karena aksesoris wanita juga berhubungan langsung dengan kulit, misalkan untuk giwang atau anting-anting, maka pemilihan bahan juga harus disiasati dengan baik dan bijak agar kelak produk Anda tak dikomplain oleh konsumen.
Persaingan. Bisnis menjual aksesoris wanita ini bukan hal yang baru,
karena itu persaingan sudah semakin menjamur. Untuk mewaspadainya, Anda
bisa menciptakan strategi pemasaran dengan membuka toko online. Aktif
dalam sejumlah pameran juga dapat membantu promosi produk Anda, jadi
jangan sungkan-sungkan mengikuti pameran agar masyarakat mengenal
keunggulan produk aksesoris Anda.