Strategi Yang Harus Dilakukan Untuk Memperluas Networking Anda

Dari sebuah penelitian diketahui bahwa 70-80% pekerjaan, umumnya bisa didapatkan dari networking, yaitu dari rekomendasi teman, saudara, ataupun kenalan. Selain itu, 90-100% entrepreneur berupaya mencari partner kerja dari referensi kenalannya. Jadi apa yang perlu dilakukan untuk memperluas usaha tentunya juga bergantung dengan seluas apa network kita.
Berikut adalah beberapa strategi yang dapat Anda lakukan untuk memperluas Network Anda:

1. Selalu tertarik akan orang baru. Menunjukan ketertarikan Anda pada orang yang baru dikenal adalah langkah awal yang penting. Perlihatkan wajah yang ramah, senyum dan sapa orang-orang tersebut. Dengan sikap tersebut, biasanya orang baru akan merasa nyaman dan senang berkenalan dengan Anda.
2. Selalu ingat nama orang yang baru dikenal. Adalah menjadi penyakit yang umum saat orang lupa nama orang yang baru dikenal, namun jangan menyepelekan hal ini. Dengan mengingat nama orang baru akan membuat orang tersebut juga berupaya lebih keras mengingat nama Anda.
3. Lakukan kontak lanjutan setelah bertemu. Setelah berkenalan apakah kemudian tidak ada kesan lagi? Alangkah baiknya jika kita bisa melakukan kontak lanjutan. Bahkan tidak harus dengan bertemu, dengan mengucapkan terimakasih telah berkenalan melalui sms atau media sosial sudah cukup memberikan perhatian mereka.
4. Bagikan salam lebih dahulu. Kita tidak perlu gengsi atau berpikiran akan menurunkan image kita jika kita menyapa orang lain terlebih dahulu. Ternyata banyak yang membuktikan bahwa dengan selalu menyapa orang lain terlebih dahulu akan mendatangkan keuntungan berlipat.
5. Belajar bahasa baru. Tidak lah rugi jika kita bisa menguasai beberapa bahasa sekaligus. Dengan semakin banyaknya teman maka semakin beragam pula adat budaya dan bahkan bahasa mereka. Sebuah keuntungan lebih bahkan jika kita bisa masuk kebeberapa komunitas berbeda dan mulai belajar dengan bahasa mereka.
6. Ikhlas menolong orang lain. Nasihat yang sangat umum namun juga semakin dihiraukan di jaman sekarang. Siapapun orangnya pasti senang jika mempunyai teman yang suka menolong. Perlu diingat, menolong dengan ikhlas tanpa pamrih. Kalau dasar itu sudah menjadi karakter Anda maka berkat dan keselamatan tentunya menyertai Anda dunia akhirat.
7. Ikut Seminar dan Workshop. Sebagian orang salah menilai sebuah seminar atau workshop. Mereka hanya melihat isi kegiatan tersebut, padahal masih banyak nilai tambah yang didapat. Salah satu yang utama adalah bisa berkenalan dan bertukar kartu nama. Bahkan secara potensial orang yang mengikuti seminar atau workshop ini adalah orang yang sangat potensial untuk menjadi rekan bisnis Anda.
8. Mengenal teman dari teman. Cara yang kadang terlupakan adalah bertanya pada teman apakah mereka ada referensi untuk membantu bisnis Anda. Ini adalah cara yang efektif dalam mendapat rekan kerja. Karena kita dapat memberikan kepercayaan lebih dibandingkan rekan yang asal ketemu tanpa ada referensi.
Dan strategi yang terakhir adalah Segera lakukan dan terus lakukan.
Salam Entrepreneur.