Usaha Rumahan Fleksibel Untuk Bunda

Jika Anda memutuskan untuk memulai bisnis Anda sendiri, hubungi dinas perdagangan setempat dan memenuhi persyaratan yang diajukan. Biaya berkisar antara $50 hingga $200 dengan proses aplikasi yang cukup sederhana. Bisa saja akan banyak pajak bisnis rumahan, sehingga pastikan untuk menyimpan tanda terima, melacak pengeluaran yang terkait dengan perjalanan bisnis, dan mengembangkan sistem akuntansi yang solid. Maka Anda akan menemukan diri Anda menikmati reward secara finansial dan emosional atas kepemilikan bisnis Anda.

Usaha rumahan saat ini semakin banyak diminati, mengingat banyaknya keuntungan yang bisa didapatkan dari jenis usaha ini. Jika Anda sudah bosan menjadi karyawan, mengapa tidak mencoba menjalankan pilihan ini.

Apalagi bagi ibu rumah tangga, maka menjalankan usaha dari rumah, mengasuh anak, menyelesaikan pekerjaan domestik, bisa dilakukan secara bersamaan. Anda hanya perlu mengatur waktu Anda sebaik mungkin.

Ada banyak jenis usaha rumahan, tapi mungkin ini adalah yang paling umum. Namun, karena teknologi terus maju, kita akan melihat lebih banyak kesempatan untuk melakukan pekerjaan rumah di masa depan.

Bahwa menjadi Ibu Rumah Tangga, tidak selalu harus menjadi inferior, tidak punya kebanggaan karena tidak berkarir di gedung-gedung pencakar langit misalnya di daerah/kawasan bisnis.

Menjadi Ibu Rumah Tangga sekaligus menjadi pemilik usaha rumahan home industri bisa menjadi salah satu alternatif sebagai bentuk aktualisasi diri di dalam komunitas sosial dan masyarakat.

Banyak ibu yang berupaya untuk menghasilkan tambahan pendapatan dan masih memiliki waktu yang fleksibel untuk keluarga. Apakah Anda tertarik dengan kerja paruh-waktu atau ingin memulai bisnis di rumah, berikut adalah ide-ide bisnis yang bisa disesuaikan dengan jadwal yang paling padat:

1. Asisten Virtual
Asisten virtual memberikan layanan administrasi yang tidak memiliki staf untuk menangani tugas-tugas tersebut. Berbagai jenis tugas bisa ditawarkan dengan tarif perjam atau per-job, mulai dari pengelolaan database kontak dan membuat serta mengirim surat-menyurat bisnis, sampai mendesain brosur dan newsletter dan mengkoordinir pengiriman dalam jumlah besar. Agen dan pengusaha kecil dalah target klien bagi jasa seperti ini.

2. Penulis Lepas
Penulis lepas menulis artikel di koran dan majalah. Banyak artikel membutuhkan riset, ditulis dengan baik, dan sesuai dengan gaya publikasi. Pembayaran bervariasi mulai dari $.10 - $2.00 per kata. Pebisnis biasanya juga mengkontrak penulis lepas untuk membuat laporan, berita, copy iklan, dan proyek khusus lainnya.

3. Tutor Komputer
Tutor komputer mengajarkan siswa bagaimana menggunakan komputer, akses email, set up komputer baru, dan menggunakan program seperti Word, Excel, Powerpoint, dan Quickbooks. Jasa ini bisa dilakukan per orang atau dalam kelas dalam kampus atau pusat pelatihan. Tutor bisa mengenakan biaya perjam atau pendaftaran kelas.

4. Penitipan binatang peliharaan
Perawat binatang peliharaan- menawarkan jasa perawatan di rumah saat si pemilik sedang bepergian. Jasa yang biasanya ditawarkan adalah memberikan makan, mengajak bermain, atau pembersihan box, dan mengajak berjalan-jalan. Jasa ini biasanya mengenakan biaya per kunjungan.

5. Infopreneur
Infopreneur menjual informasi dalam bentuk buku, e-book, laporan khusus, telekonferensi, seminar, lembar kerja, dan program video. Anda bisa memanfaatkan keahlian, hobi untuk bisnis ink,a tau secara virtual menangani masalah dengan hosting website untuk menjual info produk.

6. Asisten Trading Ebay
Asisten trading menyediakan jasa bagi komunitasnya dengan bertindak sebagai agen penjualan di eBay. Agen ini memiliki kontrak dengan klien untuk mendata item yang dijual, mengumpulkan pembayaran dari pembeli, mengirimkan barang dan mendapatkan prosentase dari keuntungan –biasanya antara 30-50%. Ini adalah layanan yang bagus yang bisa ditawarkan bagi orang yang tidak terlalu memahami komputer tapi mereka ingin menjualnya secara online. e-Bay menawarkan direktori dimana asisten trading bisa mempromosikan jasa mereka.

7. Kreasi rajutan
Rajutan adalah tren yan menawarkan peluang untuk menghasilkan pendapatan. Jika Anda membuata scraf, selimut, sweater atau topi buatan tangan, Anda bisa menjualnya di eBay, menitipkannya di butik lokal atau menyewa stand di pameran kerajinan. Anda juga bisa mengajar merajut di rumah Anda, di pusat latihan, atau toko kerajinan.

8. Taksi anak-anak
Jika Anda mengantar-jemput anak ke dan dari sekolah, mengapa tidak menghasilkan uang dari antar-jemput anak-anak lain? Banyak orang tua yang akan dengan senang hati membayar untuk memastikan anak-anak mereka berangkat dan pulang sekolah dengan selamat.

9. Desainer Resume
Desainer resume membantu para pencari kerja dengan membuat resume dan surat pengantar yang profesional. Resume bisa dibuat dengan menggunakan software khusus dan program word processing dasar. Jasa ini dibutuhkan oleh mahasiswa dan pencari kerja. Kisaran biaya mulai dari $50 - $250 tergantung pada level pekerjaan.

10. Buku resep kustom
Setiap keluarga memiliki resep rahasia dan favorit yang disimpan untuk generasi berikutnya. Membuat buku resep kustom dengan mengumpulkan resep-resep dalam kumpulan resep dengan menggunakan program prosesing dan ketrampilan kreatif. Buku-buku ini bisa menjadi hadiah yang luar biasa dan bisa saja dipesan oleh siapapun yang ada dalam pohon keluarga. Buku bisa dicetak di percetakan setempat atau melalui jasa online publishing.

11. Customer Service
Berterimakasihlah kepada internet yang memungkinkan Anda untuk menjalankan usaha dari rumah. Tugas yang Anda terima bervariasi, tergantung masing-masing perusahaan, tapi paling sering Anda akan menjawab panggilan telepon pelanggan, memberikan layanan umum pelanggan, menangani keluhan, masuk ke dalam sistem online perusahaan, dan sebagainya.

Persyaratan: Sebagian besar perusahaan akan meminta Anda untuk memiliki rumah yang dilengkapi dengan komputer, telepon, headset, dan mesin fax, walaupun ini akan bervariasi tergantung pada tugas usaha rumahan Anda.

12. Telemarketing
Usaha rumahan ini biasanya meminta Anda untuk membuat panggilan dengan referensi dari perusahaan dan melakukan penjualan, baik menjual barang atau jasa secara langsung.

Persyaratan: Beberapa perusahaan memiliki sebuah program dimana anda dapat masuk ke sistem mereka online dan membuat panggilan melalui koneksi broadband.

13. Transcription
Transcription dilakukan dengan mendengarkan file audio dan mengetik ke dalam bentuk tertulis. Ada dua jenis dasar transcription pekerjaan: medis dan umum. Medical transcription memerlukan pelatihan lebih intensif sehingga Anda akan mengetahui terminologi medis yang digunakan pada rekaman, yang sering dibuat oleh dokter dan profesional kesehatan lainnya. Transcription umum dapat mencakup berbagai jenis audio rekaman, seperti notulen rapat, seminar, teleseminars, dan wawancara.

Persyaratan: Usaha rumahan ini biasanya akan memerlukan peralatan seperti program perangkat lunak yang dapat memutar file audio dengan berbagai kecepatan, dan headset khusus.

14. Web Desain
Anda bisa bekerja sebagai karyawan untuk perusahaan, atau freelancer. Tawaran ini jelas akan meminta Anda memiliki pengetahuan tentang web design, HTML, CSS, PHP, dan bahasa komputer lainnya.

Persyaratan: Satu-satunya persyaratan untuk usaha rumahan ini adalah perangkat lunak untuk membuat, merancang dan memperbarui halaman web.

15. Penulisan
Anda dapat bekerja secara eksklusif untuk satu perusahaan atau freelance untuk banyak klien. Pekerjaan ini juga menawarkan fleksibilitas besar dengan jenis tulisan dan publikasi yang dapat Anda pilih. Anda dapat menulis untuk pasar seperti majalah, atau fokus pada publikasi online dengan menulis e-newsletter dan e-Zines. Penulis juga dapat membuat pendapatan mereka sendiri dengan menulis dan menjual e-buku online, membuat konten situs yang didanai oleh periklanan, afiliasi produk-produk dan banyak lagi.

Persyaratan: Satu-satunya persyaratan untuk usaha rumahan jenis ini adalah memiliki kemampuan dan motivasi untuk menulis.

16. Desain Grafis
Desain grafis melibatkan penciptaan karya seni, seperti gambar digital, logo perusahaan dan situs web grafis, termasuk mencetak foto. Biasanya ini lebih banyak digunakan untuk perusahaan lokal, meskipun Anda masih memiliki banyak waktu untuk bekerja di rumah.

Persyaratan: Program perangkat lunak untuk desain grafis akan sangat diperlukan, serta pelatihan yang tepat.

Ada 3 kelebihan menjadi Ibu Rumah Tangga sekaligus menjadi pemilik usaha rumahan /home industri, yakni:

1. Usaha di rumah/home industry, memberikan banyak waktu memberikan perhatian terhadap perkembangan anak-anak.

2. Home industry/usaha di rumah, memberikan tambahan bagi pendapatan keuangan keluarga, bahkan bagi sebagaian orang menjadi sumber pendapatan keluarga yang utama.

3. Usaha di rumah, memberikan kesempatan sebuah usaha dapat berkembang menjadi sebuah perusahaan yang lebih terorganisir dan mapan, memberikan banyak waktu untuk bisa belajar berproses bagaimana mengembangkan usaha yang sedang dirintis. Karena pada umumnya usaha di rumah ini dapat dimulai dari modal yang kecil, biaya operasional yang lebih kecil, dan dapat dimulai saat ini juga. Anda bisa mencoba usaha seperti warung, menjual kebutuhan seperti jual sandal anak, sandal jepit, sandal boneka, dsb. Semoga bermanfaat !!!